Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

VISI

Visi Program Studi Magister Teknologi Pendidikan PPs UNM sejalan dengan visi Program Pascasarjana dan Universitas Negeri Makassar. Program Studi Magister TP PPs UNM adalah sebagai pusat pendidikan, pengkajian, dan pengembangan teknologi pendidikan dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki daya saing tingkat nasional, dan jiwa kewirausahaan.
  1. Pusat Pendidikan Teknologi Pendidikan yaitu memberdayakan sinergitas Program Studi, pasar kerja, masyarakat, serta asosiasi melalui kegiatan tridarma perguruan tinggi.
  2. Pusat Pengkajian Teknologi Pendidikan yaitu merancang, mengembangkan, dan memanfaatkan sumber belajar, sehingga dapat memfasilitasi mahasiswa menggunakan sumber belajar sesuai dengan kebutuhannya.
  3. Pusat Pengembangan Teknologi Pendidikan yaitu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang kurikulum dan teknologi pendidikan atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  4. Lulusan yang kompeten yaitu lulusan yang memenuhi kriteria minimal kualifikasi kemampuan lulusan sesuai dengan standar kempotensi lulusan yang telah ditetapkan dalam standar nasional pendidikan tinggi yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan, sehingga mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi dalam bidang kurikulum dan teknologi pendidikan, melalui pendekatan inter atau multidisipliner, mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional.
  5. Memiliki daya saing tingkat nasional yaitu kinerja sesuai dengan standar kualifikasi nasional sehingga mampu berkompetisi di pasar kerja, baik sebagai tenaga fungsional maupun struktural.  
  6. Jiwa kewirausahaan yaitu kemampuan mengidentifikasi peluang yang dimiliki lingkungan sekitar berupa potensi lokal yang mampu diberdayakan hingga menghasilkan dampak yang menguntungkan. Salah satu mata kuliah wajib pada semester pertama adalah kewirausahaan (matakuliah yang berdiri sendiri) serta terintegrasi pada beberapa mata kuliah lainnya seperti: Pengembangan Media Pembelajaran, Desain Instruksional, Teori dan Model Pembelajaran. Setiap matakuliah mengacu pada visi UNM sebagai lembaga yang memiliki wawasan kewirausahaan yang ditandai oleh beberapa hal diantaranya mata kuliah kewirausahaan yang statusnya wajib bagi setiap Program Studi.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan luaran yang kompeten, memiliki daya saing tingkat nasional dan jiwa kewirausahaan.
  2. Mengembangkan penelitian yang inovatif dan artikel yang bereputasi di bidang Teknologi Pendidikan;
  3. Mengembangkan pengabdian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di bidang Teknologi Pendidikan;
  4. Menyelenggarakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri.

TUJUAN

  1. Menghasilkan pendidikan tingkat magister yang kompeten, memiliki daya saing tingkat nasional dan jiwa kewirausahaan.
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif dan artikel yang bereputasi di bidang Teknologi Pendidikan;
  3. Menghasilkan pengabdian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di bidang Teknologi Pendidikan;
  4. Menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri.

Berdasarkan pencapaian tujuan Program Studi Magister TP PPs UNM di atas, ditetapkan beberapa sasaran yang dipandang sebagai komponen penting yang harus direalisasikan sampai dengan Tahun 2019. Sasaran tersebut mengacu kepada tujuan Program Studi Magister TP PPs UNM yang terdiri dari empat sasaran.

Sasaran 1: Terpenuhinya persyaratan standar mutu akademik magister yang kompeten, berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan. Untuk mencapai sasaran ini, strategi yang diterapkan adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan Kompetensi dan Mutu Dosen

Secara konsisten dosen yang mengajar di Program Studi Magister TP PPs UNM memenuhi kriteria kelayakan sesuai standar yang telah ditetapkan, baik dalam undang-undang, peraturan pemerintah, dan peraturan menteri yang berkaitan dengan tata kelola dan penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, serta SOP penyelenggaraan akademik PPs UNM.

  • Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan

Berbagai upaya juga dilakukan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan diantaranya memberikan diklat kepemimpinan dan diklat teknis yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah. Adapun pelatihan internal yang dilakukuan melalui kegiatan universitas dan PPs UNM berupa pelatihan teknis.

  • Peningkatan Mutu Calon Mahasiswa

Strategi yang ditempuh untuk peningkatan mutu mahasiswa saat penerimaan mahasiswa baru adalah: menetapkan standar kualifikasi pendidikan terakhir berupa akreditasi perguruan tinggi asal calon mahasiswa baru minimal akreditasi B, IPK minimal 3.00, rekomendasi dari dua orang dosen sesuai dengan bidang keilmuan yang akan dipilih. Informasi tersebut diuraikan pada pengumuman penerimaan mahasiswa baru baik yang disosialisasikan melalui website, leaflet yang disebarkan, sosialisasi di berbagai daerah dan instansi,dan pada lembaga mitra yang sudah menjaling kerjasama dengan pihak universitas.

Selanjutnya tahapan seleksi meliputi: (1) seleksi berkas; (2) tes tertulis (kemampuan bahasa Inggris dan TPA); dan (3) wawancara.

  • Penerapan Sistem Akademik yang Bermutu

Kurikulum Program Studi Magister TP PPs UNM dirancang dan dikembangkan sedemikian rupa agar mata kuliah yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Program Studi. Mahasiswa mengambil mata kuliah berdasarkan SKS dengan bimbingan penasehat akademik. Sebelum mahasiswa baru mengikuti semester I, terlebih dahulu diberikan matrikulasi tiga mata kuliah (setara 9 SKS) yaitu Dasar-Dasar Metodologi Penelitian, Dasar-Dasar Pendidikan, dan Pengantar Teknologi Pendidikan. Matrikulasi ini dilaksanakan selama dua bulan (setara dengan 12 kali tatap muka untuk setiap mata kuliah). Mata kuliah matrikulasi bertujuan untuk memberikan bekal awal mahasiswa agar tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti Program Studi Teknologi Pendidikan. Selain itu mahasiswa diwajibkan mengikuti kursus penggunaan aplikasi reference manager untuk membantu mahasiswa dalam melakukan penelusuran jurnal/artikel dan sumber-sumber kepustakaan baik nasional maupun internasional. Kursus lain yang harus diikuti adalah Test of English as a Foreign Languange (TOEFL) untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa.

  • Peningkatan Mutu Lulusan

Mutu lulusan yang diukur dari rata-rata IPK yang dicapai mahasiswa Program Studi Magister TP PPs UNM, termasuk rata-rata lama studi yang berada dalam kriteria ideal. Peningkatan mutu lulusan akan senantiasa diupayakan melalui kinerja alumni di lapangan. Selain itu untuk mencapai pengakuan nasional atau internasional sebagai salah satu kriteria mendapat pengakuan yang tinggi, maka pensyaratan untuk mengikuti ujian tesis mahasiswa program magister mulai angkatan 2013 PPs UNM, adalah artikel hasil penelitian tesis (untuk program magister) telah diterbitkan pada jurnal nasional atau jurnal internasional. Selain itu, Program Studi diberikan kewenangan untuk mengembangkan strategi penjaminan dan pengendalian mutu melalui uji kelayakan tesis antara lain uji bebas plagiarisme melalui program sotfware Turnitin.

  • Peningkatan Efektivitas Masa Studi

Peningkatan efektivitas masa studi antara lain dilakukan:

  1. Peningkatan sistem pembimbingan, antara lain dilakukan workshop pengembangan proposal, workshop penulisan artikel untuk publikasi nasional pada jurnal terakreditasi maupun untuk publikasi pada jurnal internasional;
  2. Peningkattan akses mahasiswa terhadap sumber belajar, dengan memberikan pelayanan gratis penggunaan internet 24 jam yang didukung oleh kapasitas internet UNM sebesar 850 MB dan pelayanan di perpustakaan sampai pukul 21.00 Wita.
  3. Pemberlakuan aturan drop out (DO), bagi mahasiswa yang telah melewati masa studi, atau IPK tidak mencukupi pada dua semester awal. Dengan penerapan DO ini, maka rata-rata masa studi dapat diturunkan sehingga angka efisiensi dapat ditingkatkan.

Sasaran 2: Terciptanya karya-karya penelitian yang kreatif, inovatif, dan bermutu di tingkat nasional maupun internasional serta artikel yang bereputasi di bidang Teknologi Pendidikan. Untuk mencapai sasaran ini, strategi yang diterapkan adalah peningkatan mutu penelitian yakni pengembangan program penelitian dan publikasi ilmiah baik pada publikasi nasional, maupun publikasi internasional. Dalam hal ini, PPs UNM memfasilitasi berbagai program penelitian bagi dosen. Semua program penelitian dosen dan penelitian mahasiswa diarahkan untuk menghasilkan publikasi nasional dan internasional. Semua biaya publikasi internasional yang dihasilkan oleh dosen biayanya ditanggung oleh PPs UNM dan akan mendapatkan reward dari universitas. Publikasi internasional selain untuk meningkatkan kompetensi dosen dan kompetensi lulusan, juga diharapkan untuk mendukung UNM meningkatkan ranking dalam citation index atau webometrix.

Sasaran 3: Terciptanya karya-karya pengabdian yang kreatif, inovatif, dan bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Strategi yang diterapkanuntuk mencapai sasaran ini adalah: pengembangan program pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian, yang diharapkan memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat luas tentang hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Dalam hal ini, hasil-hasil penelitian dosen dan tesis mahasiswa   yang menghasilkan produk seperti media interaktif berbasis IT, model pembelajaran, buku ajar, asesmen pembelajaran, dan implementasi kebijakan disosialisasikan ke masyarakat untuk dapat digunakan, atau dijadikan acuan sesuai dengan peruntukannya.

Sasaran 4: Terwujudnya program yang efektif, relevan, dan bermutu dalam mengelola sumber daya sehingga mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berdaya saing dan berjiwa kewirausahaan. Startegi yang diterapkanUntuk mencapai sasaran ini:

  • Evaluasi Diri Prodi

Dalam meningkatkan kualitas pengelolaan ditingkat prodi perlu dilaksanakan evaluasi diri, agar jelas kelemahan dan kelebihan yang akan menjadi tolak ukur perbaikan dan peningkatan Program Studi Evaluasi diri dilaksanakan secara rutin agar tingkat kemajuan tiap program yang terlaksana dapat terukur. Evaluasi dilakukan terhadap: kinerja pegawai dan dosen, proses dan evaluasi perkuliahan, serta sarana dan prasarana, sehingga terwujud evaluasi diri yang transparan dan akuntabel.

  • Pengembangan Budaya Organisasi

Pengembangan budaya organisasi yang bermutu melalui pelayanan yang baik dan mengarah ke pelayanan berstandar internasional (ISO) yang  diperoleh pada tnggal 6 Januari 2016 dan berlaku sampai 21 September 2018 dalam pengelolaan dan pelayanan administrasi. Oleh karena itu, semua Standar Operasional Prosedur (SOP) telah dikembagkan pada setiap setiap standar akademik setiap unit. Dengan adanya SOP, maka prosedur untuk melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik, sehingga kegiatan unit penjaminan mutu dan tata kelola organisasi PPs dapat terukur.

Sasaran 5: Terwujudnya kerjasama dan publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan non kependidikan di berbagai instansi, baik dalam maupun luar negeri. Strategi yang diterapkan untuk mencapai sasaran tersebut:

  • Mengembangkan Kerjasama/Jejaring

Sebagai keberlanjutan dan relevansi program yang bermutu, maka pengembangan jejaring regional, nasional, dan internasional semakin diperlukan. Di tingkat regional kerjasama dalam pengembangan SDM terutama dalam bidang pendidik dan tenaga kependidikan. Pada level nasional kerjasama dengan Prodi TP Se-Indonesia dalam hal pengembangan kurikulum dan peningkatan keterserapan lulusan, sedangkan kerjasama dengan Kemendibud dan Kemenag serta instansi pemerintah yang lain dalam hal rekruitmen mahasiswa baru. Pada level internasional telah dilaksanakan kerjasama beberapa perguruan tinggi luar negeri, salah satu diantaranya adalah pengembangan IT di Genetik Computer School Singapura.